Rabu, 03 Maret 2010

Ketamakan kolektif

Ketamakan merupakan salah satu dorongan kuat untuk 'memiliki' sesuatu. Meskipun konsep memiliki hanyalah reka pikiran manusia, namun manusia tetap terdorong untuk melakukannya. Sebenarnya tidak ada kemampuan manusia untuk memiliki apapun, karena masing-masing "apapun" mempunyai khittah dan jalan hidup sendiri-sendiri. Dorongan manusia untuk "memiliki" akibat dari ketakutan dalam dirinya terhadap segala ketidak-pastian dalam kehidupan ini. Sehingga seolah-olah dengan cara "memiliki" sesuatu, maka akan membantu manusia mempunyai kepastian, pegangan, ataupun proteksi hidupnya.

Di dalam kehidupan, ketamakan tidak hanya individual, namun juga bisa kolektif. Akibat dari adanya ketamakan kolektif ini bisa dilihat sebagai kerusakan tata kehidupan, lingkungan hidup, hutan, air, dan dunia secara keseluruhan.

Ketamakan kolektif hanya bisa diubah melalui kesadaran pribadi. Kesadaran akan adanya ketakutan dalam diri, dan mendapatkan kemampuan untuk mengatasi rasa takut ini. Kesadaran diri ini kemudian perlu ditularkan kepada orang lain untuk menjadi sebuah kekuatan massa kritis.


dini hari, 4 maret 2010

Tidak ada komentar: